19 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

KPU Kaltim Gandeng Pers Sukseskan Pemilu


KPU Kaltim Gandeng Pers Sukseskan Pemilu
Pembahasan fasilitasi iklan kampanye terhadap media massa, cetak maupun elektronik untuk peserta pemilu calon DPD RI dapil Kalimantan Timur peserta pemilu 2019, di Aula KPU Kaltim, Kamis 21 Maret 2019 (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA.COM - Jelang Pemilu serentak 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari, calon legislatif (caleg) dan perusahaan pers diberi ruang massa kampanye. Namun, secara teknis hal itu masih terus dibahas lantaran pertanggungjawaban anggaran sosialisasi Pemilu melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) tahun 2019.

Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menggandeng media massa dari berbagai platform di Kota Samarinda, Kaltim.

Rencana itu dijelaskan anggota Komisioner KPU Kaltim, Suardi, kepada sejumlah media usai rapat kordinasi insan pers Samarinda bersama KPU Kaltim, Kamis 22 Maret 2019 di Aula Serbaguna KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda Ilir.

Menurut Suardi, media massa baik cetak, televisi, radio dan online menjadi prasarana pilihan selain alat peraga kampanye (sosialisasi, red) yang cukup baik untuk lebih memperkenalkan calon legislatif daerah mulai dari provinsi/kabupaten/kota kepada masyarakat secara luas terlebih di Kaltim.

Pers masih menjadi alat tangkap informasi yang relevan d itengah derasnya berita hoax atau palsu di media sosial. Penggunaan media sosial usia produktif mayoritas digunakan seiring dengan majunya provider telekomunikasi dan teknologi fiber optik yang mempermudah masyarakat menerima langsung informasi dengan cepat.

"Layanan informasi melalui media massa mudah diakses masyarakat. Pun dalam aturan Pemilu telah diatur Pemerintah jadi di daerah juga ikut menyesuaikan," ujar Suardi.

Di tempat yang sama, Sekretaris KPU Kaltim, Syarifuddin Rusli menjelaskan, mekanisme kerja sama bersama perusahaan pers di Kaltim dikuatkan dengan hasil pleno Komisioner KPU Kaltim lantaran massa kampanye di media massa bagi kontestan dicover KPU Kaltim, khususnya calon anggota DPD RI, kendati masih bisa berkampanye secara perorangan di media massa.

"Sekarang penunjukan dan lelang sudah tidak bisa. Namun masih bisa diatur dalam pleno KPU Kaltim," imbuhnya. (*)




Comments

comments


Komentar: 0