20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Gali Potensi Daerah, Yahya Anja Minta UMKM Tingkatkan Kualitas Produk


Gali Potensi Daerah, Yahya Anja Minta UMKM Tingkatkan Kualitas Produk
Anggota DPRD Kaltim Yahya Anja bersama Ketua DPRD Kaltim M Syahrun, Bupati Kubar FX Yapan, Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan dan lainnya ketika menghadiri Hari Jadi ke-19 Kabupaten Kubar, di Sendawar, Senin 5 November 2018 (Foto: APS)

KLIKSAMARINDA.COM - Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kerajinan hasil seni dan budaya lokal di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim) cukup menjanjikan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah diminta untuk terus memberikan perhatian lebih terhadap para pelaku UMKM.

Hal itu diutarakan Anggota DPRD Kaltim, Yahya Anja, ketika menghadiri upacara peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Kutai Barat di Alun-Alun Itho, Sendawar, Senin 5 November 2018.

Menurutnya, bermodalkan kekayaan seni dan budaya, Kubar dinilai mampu mendongkrak perekonomian masyarakatnya melalui program pengembangan UMKM.

"Karena lahir dari dasar seni dan budaya, maka barang yang dihasilkan tentu berkarakter dan memiliki ciri khas tersendiri. Ini letak nilai jualnya," kata Yahya.

Namun demikian, Yahya mengingatkan pentingnya dalam menjaga kualitas dari setiap produk yang dihasilkan agar mampu bersaing dengan produk dari daerah lain yang tentu memiliki standar mutu tinggi.

Adapun produk yang dinilai memiliki potensi ekonomi diantaranya kerajinan pakaian, perhiasan, termasuk gelang dan kalung dari manik-manik, hingga kuliner yang dapat menjadi buah tangan.

Agar hal tersebut dapat terlaksana maka hendaknya pemerintah daerah melakukan pendampingan kepada setiap UMKM untuk memberikan pengarahan dan pembekalan hingga mecarikan pangsa pasar khususnya diluar daerah.

"Pemberian modal juga merupakan hal yang perlu diperhatikan seperti melalui program kemitraan antara UMKM dengan pemerintah dan bank dalam kaitannya memberikan kredit dengan bunga ringan," jelasnya. (Adv)

Reporter : APS    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0