20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Nah, Bawaslu Kaltim Tegur Caleg Pelanggar Aturan Pemilu


Nah, Bawaslu Kaltim Tegur Caleg Pelanggar Aturan Pemilu

KLIKSAMARINDA.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membeber sejumlah calon legislatif (caleg) DPRD se-Kaltim yang melakukan pelanggaran kampanye politik. Terlebih para caleg yang menaruh alat peraga kampanye (APK) di sembarang tempat yang dilarang Bawaslu.

Sejumlah caleg yang melanggar yakni, atas nama Bambang Susilo. Caleg DPR RI dari Partai NasDem ini memasang baliho di ruas jalan poros Samarinda Bontang, Kecamatan Samarinda Utara dengan memasang APK di tiang listrik. Atas pelanggaran pemilu itu selanjutnya Bawaslu memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan, dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Selain itu, caleg DPR RI dari PKS, Refrimen. Dia memasang APK di tiang listrik tidak sebagaimana mestinya di sejumlah ruas jalan. Bawaslu kemudian memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan, dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Lalu caleg DPRD Samarinda PKB, Damayanti dengan memasang APK di ruas jalan KS Tubun Dalam, Jalan Wolter Monginsidi, Wiratama dan Wiraguna Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu. Caleg ini memasang APK di tiang listrik.

Tak hanya itu, Caleg DPRD Samarinda PKS, Syahrani memasang APK di ruas jalan KS Tubun dalam, Jalan Wolter Monginsidi, Wiratama dan Wiraguna, Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu memasang APK di tiang Listrik. 

Pelanggaran administrasi pemilu selanjutnya memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan. 

Sementara itu, caleg DPR RI dari PAN, atas nama Darlis Pattolongi juga telah melanggar ketentuan. Caleg ini memasang APK di ruas Jalan Pangeran Bendahara, Kelurahan Masjid dan seluruh wilayah Samarinda Seberang terlebih memasang APK di tiang listik. Selanjutnya Bawaslu memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Pun ada nama lain. Yakni, caleg DPRD Provinsi Kaltim, Jawad Sirajudin. Caleg ini memasang APK di ruas Jalan Kecamatan Samarinda Ulu terlebih di tiang listik dan pohon. Pelanggaran administrasi pemilu selanjutnya memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Lalu caleg DPRD Kota Samarinda Partai Garuda, Husni Hakim, memasang APK di ruas jalan di Kecamatan Loa Janan Ilir, memasang APK di tiang listrik dan pohon. Pelanggaran administrasi pemilu selanjutnya memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Selain itu ada pula, caleg DPRD Kota Samarinda Ulu, Imelda Megasari, Memasang APK di ruas Jalan Kecamatan Samarinda Ulu terlebih di tiang listik dan pohon. Pelanggaran administrasi pemilu selanjutnya memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Pelanggaran APK juga menyasar caleg DPRD Kota Samarinda Ulu, dari partai Gerindra, Sutarti, yang memasang APK di ruas Jalan Kecamatan Samarinda Ulu terlebih di tiang listik dan pohon. Pelanggaran administrasi pemilu selanjutnya memerintahkan yang bersangkutan untuk melepas, menertibkan dan membersihkan APK yang melanggar ketentuan.

Kepada KlikSamarinda, Komisioner Bawaslu Kaltim, Hari Derwanto mengatakan pihaknya akan selalu bekerja memantau jalan kontestasi politik menuju 2019 berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Dia pun menyebut pelanggaran ini terjadi pada medio awal September 2018. Selain itu kata Hari sapaannya itu, masih ada belasan caleg yang melakukan dugaan pelanggaran pemilu tengah diproses oleh Bawaslu.

”Kami menghimbau kepada para kontestan untuk menaati peraturan yang berlaku. Apabila teguran ini tidak diindahkan, maka kontestan yang bersangkutan akan diberikan sanksi yang lebih berat,” ujarnya belum lama ini. (*)




Comments

comments


Komentar: 0