20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kisah Ketulusan Kader JKN Berbuah Prestasi


Kisah Ketulusan Kader JKN Berbuah Prestasi
Kepala BPJS Kantor Cabang Utama Samarinda, Nurifansyah bersama Kader JKN, Novaritha.

KLIKSAMARINDA.COM - Sebagai salah seorang Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berprestasi di wilayah kerja Kantor BPJS Kesehatan Cabang Samarinda, tak sedikit pengalaman yang dirasakan Novaritha dalam mengemban tugasnya. Ibu satu anak ini telah menjadi Kader JKN sejak Mei 2017 di Kota Samarinda dengan wilayah kerja di Kelurahan Pelabuhan dan Kelurahan Pasar Pagi.

Dalam melaksanakan perannya sebagai Kader JKN-KIS, ada beberapa hal yang ia lakukan setiap hari. Kesehariannya diawali dengan memetakan alamat peserta berdasarkan jalan dan RT. Setelah alamat peserta ditemukan, ia pun mencoba merangkul peserta JKN-KIS tersebut melalui pendekatan personal.

"Saya sebisa mungkin berupaya memposisikan diri sebagai pengingat iuran, bukan sebagai penagih. Orang kan nggak suka ya, kalau ditagih-tagih. Jadi saya mencoba mengingatkan mereka, jangan sampai mendadak jatuh sakit tapi ternyata setelah dicek status kepesertaannya tidak aktif karena menunggak iuran," tutur Novaritha.

Ia pun tak ragu untuk menggali pokok permasalahan yang dialami masyarakat yang ditemuinya apabila mereka mengalami kesulitan membayar iuran. Bagi Novaritha, perhatian yang tulus dapat melunakkan hati setiap orang, oleh karenanya seringkali ia menanyakan aktivitas keseharian peserta, bantuan apa yang bisa ia berikan, serta kabar keluarga peserta JKN-KIS yang bersangkutan.

"Saya juga suka tanya-tanya, pernah mendaftar sebagai peserta JKN-KIS tidak? Kalau tidak, kenapa, apa kesulitannya biar saya coba bantu semampu saya. Saya juga menanyakan apakah kartu JKN-KIS-nya pernah dipakai atau belum? Bila sudah pernah dipakai, sudah berapa kali dipakai, dan bagaimana pelayanannya," papar Novaritha.

Berbekal informasi yang ia gali, ia pun semaksimal mungkin mengedukasi peserta tentang manfaat iuran dan prinsip-prinsip gotong royong di dalam sistem JKN-KIS, serta pentingnya membayar iuran secara tepat waktu. Berkat kerja kerasnya, pada Januari 2018 Novaritha pun berhasil mengumpulkan iuran JKN-KIS terbanyak di wilayah Kedeputian Kaltimtengseltara. Bahkan ia berhasil menyabet peringkat 6 secara nasional.

Kesabaran dalam mendengar segala macam permasalahan peserta menjadi salah satu kunci keberhasilan Novaritha. Tak lupa di setiap kesempatan pertemuannya dengan peserta JKN-KIS, ia selalu menyempatkan diri untuk memberi edukasi bagi peserta untuk men-download aplikasi Mobile JKN, karena dengan aplikasi tersebut peserta dapat mengakses beragam informasi terkait Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimana pun dan kapan pun. (Adv)

Reporter : Humas Ej    Editor : NR Syaian



Comments

comments


Komentar: 0