17 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Alhamdulillah, Siswa Pengungsi Dari Sulteng Bisa Ikut Sekolah di Samarinda


Alhamdulillah, Siswa Pengungsi Dari Sulteng Bisa Ikut Sekolah di Samarinda
Ilustrasi

KLIKSAMARINDA.COM - Pengungsi korban terdampak gempa dan tsunami dari Sulaweai Tengah (Sulteng) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), mulai beradaptasi dengan tempat bermukim yang baru. Sejumlah warga berupaya menenangkan diri dan berbenah.

Tak terkecuali dengan anak-anak para pengungsi yang masih bersekolah. Beberapa di antaranya telah mulai ikut belajar di sejumlah sekolah, khususnya sekolah dasar di Samarinda.

Langkah tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, melalui Dinas Pendidikan, yang berhubungan dengan bidang pendidikan formal. Para siswa SD anak pengungsi dari SUlteng, mulai Kamis, 1 Oktober 2018 ikut bersekolah di SD Negeri di Samarinda.

Salah satunya adalah Zahra Puspita (11), siswa SD Negeri 1 Balaroa, Sulteng. Dia sudah ikut belajar di SD Negeri 03, Kecamatan Palaran, Samarinda. Zahra ikut dalam kelas sesuai tingkatannya terakhir di Balaroa, yaitu kelas 5 SD.

Hari pertama, Zahra belum berseragam sebagaimana siswa lainnya karena seragamnya tertnggal di reruntuhan umahnya akibat gempa yang terjadi di Sulteng, 28 September 208 lalu.

Meski begitu, di hari pertama sekolah, Zahra mulai memperkenalkan diri di depan teman-teman barunya. Zahra langsung mendapatkan pendampingan dari Tika Prasetiyawati (27) guru kelas 5 di SD Negeri 03 Palaran.

Tika mengatakan keduanya masuk ke SD Negeri 03 Palaran karena sudah merupakan kebijaksanaan Pemkot Samarinda. Keduanya dijemput Kepala SD Negeri 03 Palaran agar kembali bersekolah.

“Untuk sementara ini, sekolah kami menampung dulu, Pak. Nanti, kita menunggu dari pihak keluarga bagaimana,“ ujar Tika.

Zahra menjadi satu dari tujuh siswa yang mengungsi ke Samarinda bersama keluarganya akibat menjadi korban dampak gempa dan tsunami di Sulteng. Siswa SD lainnya adalah Aluindra yang turut bersekolah di SD Negeri 03 Palaran bersama Zahra. Sementara 4 lainnya adalah pelajar SMP di SMP Negeri Palaran dan satu orang siswa di SMU Negeri Palaran. (*)

Reporter : Jie    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0