20 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Dalami Pelayanan Informasi Publik, Pemkot Samarinda Berguru Ke Semarang


Dalami Pelayanan Informasi Publik, Pemkot Samarinda Berguru Ke Semarang
Kunjungan Pemkkot Samarinda ke Pemkot Semarang (Foto: Istimewa)

KLIKSAMARINDA - Penyelenggaraan pelayanan informasi di Kota Tepian mendapatkan porsi tersendiri dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim)

Pada Selasa 6 Oktober 2015, Bagian Organisasi Sekretariat Pemkot Samarinda berkunjung ke Pemkot Semarang. Tujuannya, Pemkot Samarinda berencana mengadopsi penyelenggaraan Pusat Informasi Pelayanan Publik (PIPP) seperti yang dimiliki Pemkot Semarang.

Nah, Keberadaan PIP tersebut dinilai Pemkot Samarinda sangat mendukung pengembangan e-government. Karenanya, Pemkot Samarinda "berguru" ke Semarang untuk penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi dalam mendukung pengembangan e-government.

Kepala Bagian Organisasi Setkot Samarinda Siami Misnam mengatakan, kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk melihat gedung PIP atau yang dikenal dengan PIN SEMAR.

“Pertama kami ingin melihat bagaimana gedung PIP dan manfaatnya yang paling utama, kronologis terbentuknya, maksud dan tujuannya seperti apa, serta manfaat untuk masyarakat,” ujar Siami.

Keberadaan PIP dapat memberikan berbagai informasi seperti memudahkan masyarakat untuk mengakses data-data pemerintah dan fungsi fasilitasi bagi masyarakat untuk menggunakan fasilitas di gedung PIP dengan gratis.

“Sudah seharusnya pemerintah melakukan pelayanan kepada publik secara maksimal, terbuka dan transparan sehingga pemerintah itu dapat menyatu dengan masyarakat,” tambah Siami dikutip KlikSamarinda dari Metro Semarang.

Kepala PDE Setda Kota Semarang Nana Storada menjelaskan pelbagai bagian gedung. Misal, ruang internet, studio mini, free charging. Fasilitas tersebut tersedia gratis untuk publik sebagai akses informasi dan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat Semarang.

Keberadaan PIP di lingkungan Pemkot Semarang telah berjalan lebih dari 1 tahun. Masyarakat Kota Semarang dapat memanfaatkan seluruh fasilitas dalam PIP secara bebas dan gratis. (*)

Reporter : metrosemarang.com    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0