23 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bupati Malinau Sukses Pimpin Upacara IPDN, Presiden Jokowi Berikan Tanda Kepangkatan


Bupati Malinau Sukses Pimpin Upacara IPDN, Presiden Jokowi Berikan Tanda Kepangkatan

KLIKSAMARINDA.COM – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si sukses menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagai komandan upacara. Giat tersebut adalah upacara pelantikan Pamong Praja Muda (PPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXV, Jumat 27 Juli 2018 di lapangan Parade Abdi Praja IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Sebelum upacara pelantikan dimulai, tamu undangan disuguhkan tarian nusantara oleh para Nindya Praja dengan menggunakan pakaian adat seluruh Indonesia. Tarian tersebut adalah gabungan tarian dari berbagai daerah di Indonesia yang menggambarkan Kebhinekaan seperti halnya juga Praja IPDN dari berbagai daerah dengan bermacam suku dan agama.

Pukul 08.18 WIB, komandan upacara dipersilakan oleh pembawa acara memasuki lapangan upacara. Sebagai komandan upacara, Bupati Malinau Yansen TP, dengan langkah tegap menuju lapangan upacara dan langsung mengambil alih pimpinan upacara.

Tepat pada pukul 08.35 WIB, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo tiba di mimbar kehormatan. Setelah Presiden dan rombongan menempati tempat duduk, lanjut dengan salam kebangsaan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Mars Revolusi Mental.

Sebelum acara dilanjutkan lebih jauh, Gubernur IPDN, Prof. Dr. H. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS menyampaikan laporan kepada Presiden, di hadapan Presiden. 1456 calon PPM IPDN angkatan XXV siap dilantik oleh Presiden menjadi PPM.

Usai laporan dari Gubernur IPDN, perwira upacara laporan kepada Presiden bahwa upacara siap dilaksanakan dan Presiden pun langsung memasuki lapangan upacara dan dilanjutkan lagi komandan upacara melaporkan ke Presiden bahwa upacara siap dilaksanakan.

“Lapor, upacara pelantikan Pamong Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri angkatan XXV, Jumat 18 Juli 2018 siap dilaksanakan,” lapor Yansen. Lanjut Presiden RI. “Laksanakan,” jawab Jokowi.

Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian acara berikutnya yaitu pelantikan PPM oleh Presiden dengan pengalungan Kartika Astha Brata kepada lulusan terbaik Diploma IV dan Kartika Pradnya Utama kepada lulusan terbaik program sarjana. Kemudian dilanjutkan penyematan pin purna, pemasangan tanda kepangkatan.

Kemudian acara dilanjutkan lagi dengan pengucapan ikrar Pamong oleh 1456 PPM dan dilanjutkan amanat dari Presiden Joko Widodo sebagai inspketur upacara.

Setelah Presiden menyampaikan amanat, komandan upacara maju ke depan Presiden melaporkan bahwa upacara telah dilaksanakan.

“lapor, upacara telah dilaksanakan, laporan selesai,” kata Yansen yang merupakan Bupati Malinau periode 2011-2016 dan 2016-2021 ini. “Terima kasih, bubarkan,” ucap Presiden mengakhiri proses upacara pelantikan. (Adv)

Reporter : Pers Release    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0