23 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pariwisata Dan Pelestarian Lingkungan Potensi Pengembangan Wilayah Kaltim


Pariwisata Dan Pelestarian Lingkungan Potensi Pengembangan Wilayah Kaltim
Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Edy Kurniawan saat melakukan penanaman pohon, Jumat 20 Julii 2018 di Kukar (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA.COM - Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Edy Kurniawan, melakukan aksi penanaman pohon di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Jumat 20 Juli 2018. Penanaman pohon ini berlangsung bersamaan dengan kegiatan pelestarian lingkungan serta jelajah wisata bersama Dinas Pariwisata Kaltim.

Edy bersama rombongan yang berasal dari perwakilan Kementerian Pariwisata, ASITA, ASPI, IHGMA, HPI, Polnes jurusan pariwisata, desain produk, dan duta/putri pariwisata.

Tim disambut dengan adat tradisi saat tiba di dermaga dengan sambutan singkat dilanjutkan menyampaikan 'hantaran' cindermata, sebagai ikatan batin.

Turut serta dalam rombongan yaitu perwakilan komunitas pariwisata yang sempat singgah di Muara Kaman. Di daerah ini, pada zaman dulu, pernah berdiri Kerajaan Kutai, yaitu pusat kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

Desa Pela merupakan desa yang terletak di sungai Pela, tempat biasa pesut memamerkan tubuhnya. Di sinilah dulu, tahun 1974, 6 individu pesut hijrah ke Ancol Jakarta.

Di sungai di sekitar desa ini, pesut-pesut biasa memunculkan diri saat berburu makanannya. Akan tetapi, Innal Rahman, pemandu yang juga ikut, pesimis dua hari ke depan akan berkesempatan menyaksikan pengalaman tersebut.

Di muara Pela tampak puluhan perahu bermotor, yang biasa disebut ketinting, berbaris mengawal kapal wisata Pesut Bentong. Di kapal ini, 105 peserta kunjungan berasal dari berbagai latar belakang.

"Sadar wisata dan pelestarian lingkungan dapat berjalan beriringan. Karena itu, melalui penanaman pohon ini, semoga turut berkontribusi dalam memajukan daerah khususnya daerah wisata," ujar Edy singkat. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0