23 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mengais Rezeki, Pedagang Ketupat Manfaatkan Momen Jelang Lebaran


Mengais Rezeki, Pedagang Ketupat Manfaatkan Momen Jelang Lebaran
(Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA.COM - Momen Lebaran dimanfaatkan para pembuat ketupat untuk mengais rezeki. Di Pasar Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, sebagian pedagang dadakan tersebut mengaku berasal dari Muara Badak --Kutai Kartanegara.

Dengan modal daun kelapa dan keterampilan membuat ketupat, sekira 20 warga Muara Badak menjual hasil olahan mereka di pasar tradisional tersebut. Mereka sendiri terbagi dalam beberapa kelompok.
Kata mereka, sebagian besar pembeli umumnya tak bisa membuat ketupat dan ingin yang praktis. Mereka sendiri menjual 10 ketupat dengan harga Rp 10 ribu.

"Laku aja, banyak yang beli. Mulai 3 hari ini jualan. Saya dari Muara Badak ada 6 orang, setiap tahun jualan di sini," kata Agus, pedagang sekaligus pembuat ketupat yang berjualan di Pasar Segiri.

Dari pantauan Klik Samarinda Kamis 14 Juni 2018 hari ini, suasana di Pasar Segiri, Samarinda, terlihat penuh sesak. Terlebih, sebagian besar pedagang memilih berjualan di luar pasar --di pinggir jalan. Sebagian kecil diantara mereka diketahui merupakan pedagang dadakan yang memanfaatkan momen jelang Lebaran untuk mengais rezeki. Seperti pedagang bunga dan ketupat. Akibatnya, arus lalulintas menjadi padat merayap.

Kondisi kemacetan juga diperparah dengan berhentinya sejumlah kendaraan roda dua dan empat untuk membeli bunga dan ketupat di pinggir jalan.

Petugas kepolisian yang berjaga di sekitar Pasar Segiri pun akhirnya terpaksa melarang semua pengendara melakukan transaksi di tepi jalan.

Sementara itu, para pembeli ketupat di Pasar Segiri mengaku terbantu dengan kehadiran para pedagang ketupat dadakan. Mereka menyatakan tidak harus bersusah payah mencari daun kelapa muda dan merangkai sendiri ketupat.

"Sangat terbantu untuk persiapan Lebaran tahun ini," ujar Fitriansyah, salah satu pembeli. (*)

Reporter : Sur    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0