23 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pariwisata Mampu Sokong PAD Kaltim


Pariwisata Mampu Sokong PAD Kaltim
Ketua IHGMA Chapter Samarinda, Wied Paramartha (kedua dari kanan) saat Forum Group Discussion Kepariwisataan Kaltim. (Foto: Klik Samarinda)

KLIKSAMARINDA.COM - Membangkitkan kepariwisataan di Kalimantan TImur (Kaltim) bukan perkara mudah. Meski Kaltim memiliki destinasi dan potensi yang komplet, masih ada ruang yang perlu untuk diperhatikan.

Selain faktor pendukung seperti infrakstruktur, akses, akomodasi dan sumber daya manusia (SDM), Kaltim juga sangat membutuhkan kesadaran masyarakat akan budaya wisata di Kaltim.

Hal itu diungkapkan Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Samarinda, Wied Paramartha saat Forum Group Discussion Kepariwisataan Kaltim yang digagas paslon Andi Sofyan Hasdam dan Rizal Effendi (Annur), Senin, 11 Juni 2018.

Tak tanggung tanggung, dalam diskusi yang diadakan di Hotel Selyca tersebut, ia menegaskan bahwa sektor kepariwisataan di Kaltim akan sanggup menopang ekonomi di Kaltim.

"Kaltim perlu beralih dari mendukung sektor pertambangan dan perkebunan yang kerap tak bersahabat dengan masyarakat. Belum lagi melihat defisitnya Kaltim yang diakibatkannya. Semua itu bisa terjawab jika kita membuka peluang sektor kepariwisataan," terangnya.

Selain itu, perlu adanya keyakinan penuh dari setiap elemen masyarakat dan pemerintah.

"Perlu keyakinan untuk memajukan itu. Saya yakin jika yakin dan bersinergi, semua masalah ekonomi di Kaltim akan teratasi," terangnya.

Pun, melihat tahun 2018 sebagai tahun politik, ia berserta pegiat wisata lainnya mengharapkan, bakal Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim sadar akan potensi wisata di Benua Etam ini.

"Kami sebagai insan pariwisata mendukung calon yang tidak terlena dengan sumber daya alam di Kaltim. Mindset-nya harus diubah, dari pemikiran untuk memanfaatkan SDA menjadi memanfaatkan tourism," ungkapnya.

Bukan tanpa alasan, menurut dia, potensi pariwisata cukup komplit. Hal itu, juga sangat mampu menopang perekonomian ke depan, menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Potensinya sangat besar. Wisata alam, wisata kultur, wisata lengkap. Hanya saja kurang dikelola dengan profesional," tutupnya.

Pun, hal itu disambut baik oleh paslon Annur. Ia menegaskan akan memperjuangkan dan mewujudkan kepariwisataan di Kaltim.

"Saya sangat yakin. Jika kita bisa bekerjasama dalam mewujudkannya, semua saran akan kita perjuangkan demi terwujudnya iklim pariwisata di Kaltim," kata Sofyan Hasdam. (*)

Reporter : NR Syaian    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0