22 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Dewan Dorong KPU Filter Ketat Calon Anggota Legislatif


Dewan Dorong KPU Filter Ketat Calon Anggota Legislatif
Rusman Yakub

KLIKSAMARINDA.COM - Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yakub, mendorong agar omisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menjadi faktor utama dalam melakuan seleksi administrasi calon anggota legisatif.

Dorongan ini merujuk pada munculnya sejumlah kasus yang berakitan dengan berkas dan dokumen beberapa anggota dewan yang di kemudian hari memunculkan permasalahan.

Misal, Rusman mencontohkan adanya kasus dugaan ijazah palsu. Rusman mencermai jika persoalan tersebut muncul dari belum maksimalnya seleksi administrasi.

“Kami mendorong KPU agar melakukan tahapan seleksi yang ketat dalam melakukan validasi para caleg jangan nantinya mereka para caleg ini begitu duduk baru muncul masalah, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, ternyata ditemukan caleg yang kini duduk sebagai anggota dewan malah tersandung masalah ijazah palsu,“ ujar Rusmn saat ditemui di sela acara Lomba Petigakustik, Minggu malam 10 Juni 2018 di Sekretariat DPW PPP Kaltim, Jalan Juanda Samarinda.

Meski begitu, pihaknya sebagai pengurus Partai Persatuan Pembangunan(PPP), juga menegaskan kepada para kader yang akan maju supaya tetap mengikuti aturan main dalam pencalegan. Hal ini sebagai langkah internal yang perlu dilakukan supaya PPP tertib administrasi sejak mula.

Karena itu, kader PPP dapat lolos dari validasi dan seleksi ketat dari KPU. Menurut Rusman, proses ini dinilai sangat penting mengingat beberapa kasus para caleg yang telah lolos menjadi anggota dewan kemudian digugat dengan ijazah palsu dan lain sebagainya. KPU memiliki peran penting dalam melakukan filter terhadap para caleg.

“Peran KPU ini sangat penting, kenapa kami mengatakan demikian karena KPU merupakan filter pertama yang bisa mengatasi lolos dan tidaknya para calek ini utamanya dalam sistem pemberkasan,” Jelas Rusman Ya’qub.

Secara internal, PPP Kaltim kini dalam proses rekruitmen dan penyusunan daftar caleg dari kabupaten kota, provinsi hingga DPR-RI. Rusman menargetan, Sabtu 30 Juni 2018 mendatang, semua proses administrasi rampung, dan akan diajukan dalam tahapan selanjutnya berupa pendaftaran caleg di KPU pada tanggal 4 Juli mendatang.

Rusman Ya’qub menjelasakan, PPP Kaltim menargetkan enam kursi di DPRD Kaltim. Itu, menurut Rusman, merupakan target yang telah melalui berbagai perhitungan yang terukur di pileg 2019. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0