22 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Antusias Warga Sangsanga Saksikan Karnaval Musik Ramadhan 2018


Antusias Warga Sangsanga Saksikan Karnaval Musik Ramadhan 2018
Bagarakan sahur di Sangasanga, Kukar, Minggu 10 Juni 2018 (Foto: KLIK)

KLIKSAMARINDA.COM - Di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), ada tradisi membangunkan warga untuk segera bersahur. Namanya bagarakan sahur. Kali ini, Minggu, 10 Juni 2018, tradisi ini digelar dalam lomba keliling kampung bertajuk Karnaval Musik Ramadhan.

Kegiatan ini merupakan gelaran tiap tahun yang diikuti muda-mudi di setiap kelurahan di Kecamatan Sangasanga dan sekitarnya. Di antaranya, dari Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, dan dari Tenggarong, Kukar.

Para muda-mudi tersebut membawa alat musik di atas gerobak serta dihias berbagai rupa. Diantaranya, dihiasi menyerupai perahu, masjid, dan berbagai macam lainnya.

Dalam lomba ini, peserta menampilkan keahlian menciptakan irama lagu. Menariknya, alat musik yang digunakan tak hanya alat musik yang sebenarnya, seperti bedug. Ada pula di antaranya grup yang menggunakan barang-barang bekas seperti galon, jeriken, ember, hingga gear sepeda motor.

Gelaran acara ini merupakan gelaran ke-4 yang diinisiasi oleh Himpunan Pecinta Seni (Hipensa) Sangasanga. Organisasi ini di bawah naungan KNPI Sangasanga. Kegiatan ini juga dalam upaya melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya islami.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan tiap tahun, dan kali ini merupakan gelaran ke-4 yang bertujuan untuk memacu kreativitas masyarakat muda dalam mengapresiasi seni budaya Islami di Sangasanga," ungkap Ketua Panitia acara, Fajar octavian, di sela-sela acara.

Para peserta bagarakan sahur ini berkeliling kampung atau kompleks perumahan dimulai sekira pukul 23.00 WITA. Sambil berjalan, mereka bernyanyi berkeliling untuk membangunkan orang sahur.

Antusias warga di seputaran rute karnaval tak kalah meriah. Warga bahkan menanti kedatangan mereka di depan rumah masing-masing.

Gelaran bagarakan sahur kali ini diikuti oleh 25 peserta. Dibagi dalam 2 kategori, yakni kategori anak-anak dan kategori dewasa. Gelaran ini memperebutkan gelar juara di 3 kategori, yakni kategori anak-anak, kategori umum, dan kategori lokal.

Dengan adanya kegiatan ini, harapannya gelaran serupa dapat terus digelar ditahun selanjutnya.

"Semoga saja kegiatan ini di tahun depan akan lebih meriah lagi," tutup Fajar. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0