18 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Perjuangkan Desa Tertinggal, Anggota DPRD Kaltim Kawal Pembangunan Tower Telekomunikasi di Sepatin


Perjuangkan Desa Tertinggal, Anggota DPRD Kaltim Kawal Pembangunan Tower Telekomunikasi di Sepatin
Pertemuan antara Kepala Desa Septin, Kukar, didampingi nggota DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu, dengan Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Abdullh Sani, Selasa 13 Maret 2018.

KLIKSAMARINDA.COM - Pembangunan di Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya di wilayah pinggiran, tampaknya belum merata. Misal, dalam urusan penyediaan akses telekomunikasi yang dapat menunjang akses informasi di zaman digital seperti saat ini.

Seperti yang terjadi di Desa Sepatin, Kutai Kartanegara (Kukar). Wilayah ini masih dalam taraf keterisolasian dari akses telekomunikasi. Karena itu, warga Desa Sepatin di pesisir Kukar berharap adanya pembangunan tower telekomunikasi untuk mewujudkan akses komunikasi dan informasi di wilayah tersebut, terutama dengan wilayah luar.

Hal tersebut terungkap saat pertemuan antara Kepala Desa Sepatin, Mustamin Ancha, bersama anggota DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Selasa 13 Maret 2018 lalu. Pertemuan tersebut membahas proses perizinan tower telekomunikasi agar bisa dibangun di Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, Kukar.

Anggota DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu, yang hadir dalam pertemuan tersebut, menyatakan jika akses telekomunikasi di Desa Sepatin merupakan satu di antara pelbagai infrastruktur yang sangat dibutuhkan warga. Sekitar 3000 warga di Desa Sepatin, hingga saat ini belum dapat merasakan akses informasi di tengah zaman digital yang cepat berkembang.

"Masyarakat di sana hampir 3000 lebih, tapi akses informasi masih sangat sulit. Karena itu, kami mendorong agar pemerintah juga dapat mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di sana, seperti pembangunan tower. Alhamdulillah, Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Pak Abdullah Sani, sudah menyatakan akan segera memproses perizinan pembangunan tower di sana," ujar Baharuddin Demmu, saat dihubungi KlikSamarinda, Kamis 15 Maret 2018.

Baharuddin Demmu juga menyayangkan kondisi Desa Sepatin, Desa Tani Baru, dan wilayah pesisir Hulu Mahakam yang masih sangat jauh dari pembangunan. Padahal, wilayah ini merupakan daerah yang menjadi area sumber daya alam di Kaltim. Mirisnya, imbuh Baharuddin Demmu, sebagai wilayah penghasil sumber daya alam, daerah Sepatin dan pesisir Hulu Mahakam masih tergolong desa tertinggal dan belum memiliki infrastruktur serta pendukung kehidupan sehari-hari.

"Kalau ada akses telekomunikasi, Desa Sepatin juga akan berkembang. Perkembangan wilayah juga akan dirasakan oleh masyarakat yang datang ke Sepatin. Ini mutlak bagi saya. Bagi pemerintah dan perusahaan jangan tinggal diam melihat kondisi ini. Ini juga salah satu desa tertinggal di Kaltim," tandas Baharuddin Demmu.

Rencana pembangunan tower telekomunikasi di Desa Sepatin, Kutai Kartanegara ini menyusul adanya rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bantuan dari Pertamina Hulu Mahakam. Pembangunan PLTA ini untuk memenuhi kebutuhan hidup ribuan masyarakat desa dapat merasakan pembangunan.

Rencana pembangunan tower telekomunikasi ini terus berlanjut dengan pertemuan Desa Sepatin dengan Pertamina Hulu Mahakam dan operator seluler. Saat ini, pihak Desa Sepatin telah menyedian lahan untuk pembangunan tower telekomunikasi tersebut. Tahapan selanjutnya adalah membangun komitmen bersama untuk pembangunan tower ini antara pelbagai pihak. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0