20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

KLB Difteri di Samarinda, Masyarakat Harus Apa?


KLB Difteri di Samarinda, Masyarakat Harus Apa?

KLIKSAMARINDA.COM - Pemkot Samarinda telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kejadian Luar Biasa (KLB) atas terjadi kasus difteri yang melanda Ibukota Kaltim ini.

Sekretaris Kota (Sekkot) Sugeng Chairuddin seusai rapat koordinasi lintas sektor yang digelar di Ruang Rapat Utama Balaikota Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa menjelaskan pencegahan difteri bisa diatasi. Diantaranya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Semua prosedur KLB sudah dilakukan. Hanya setelah KLB, akan dipertajam langkah-langkahnya," katanya pada media, Senin, 15 Januari 2018.

Lebih lanjut, Sugeng menerangkan rencana tindak lanjut atas surat edaran penanganan difteri ialah dengan penguatan kader posyandu melalui informasi mengenai difteri dan pencegahannya.

Juga peningkatan cakupan kunjungan bayi dan balita di posyandu terdekat untuk imunisasi lengkap

Selain itu, tambahnya, pemberian vaksin difteri tidak langsung memberikan kekebalan.

"Tiga sampai 6 bulan baru mencapai kekebalan," ucapnya.

Mulai hari ini, Senin 15 Januari 2017, Dinas Kesehatan melakukan penyuntikan vaksin di seluruh sekolah di Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Pelita, Sidomulyo

"Dimulai dari tingkat SD, SMP dan SMA," tutup Sugeng.

Sugeng menegaskan, warga penting untuk menjaga stamina tubuh dengan nakan makanan bergizi serta melakukan kesehatan secara teratur.

"Menjaga kesehatan, pengecekan kesehatan dan penggunakan masker. Juga imunisasi untuk anak umur 2 bulan sampai 7 tahun," tambahnya.

Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama ilmiah C. diftheri. Umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorolan.

Penyakit tersebut sangat menular, mengancam jiwa di beberapa kasusu sebelumnya. Namun dapat disembuhkan secara total.

Gejala yang terjadi, di antaranya ialah suara serak dan tenggorokan terasa sakit, nyeri saat menelan sampai kesulitan bernafas. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0