20 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Gawat, Samarinda KLB Kasus Difteri


Gawat, Samarinda KLB Kasus Difteri
Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Sugeng Chairuddin

KLIKSAMARINDA.COM - Maraknya warga yang terjangkit penyakit difteri, Pemkot Samarinda menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk kasus yang terjadi di Kota Samarinda. Sekretaris Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin menegaskan hal itu dalam rapat terbatas di Pemkot Samarinda.

"Mengintruksikan kepafa Plt. Kepala Dinas Kesehatanan Kota (DKK) agar berkoordinasi kepada perangkat respon cepat setiap ada kasus difteri," kata Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Sugeng Chairuddin saat rapat koordinasi lintas sektor yang digelar di Ruang Rapat Utama Balaikota Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, Senin, 15 Januari 2018.

Samarinda merupakan daerah ke-4 di Provinsi Kaltim, yang sudah lebih dahulu menetapkan KLB. Berdasarkan data terakhir yang dihimpun DKK Samarinda, total warga yang sudah dirawat di ruang isolasi RSUD AW Syahranie karena difteri mencapai 23 orang.

Rinciannya, 14 orang masih dirawat. Sembilan orang diantaranya sudah membaik dan diperbolehkan pulang.

Sebelumnya, Pemkot Samarinda belum menetapkan status KLB karena masih menunggu hasil uji kultur dari sampel pasien yang sudah dikirim ke Jakarta.

"Karena belum ada hasil uji kultur, seluruh pasien yang dirawat ini masih diduga (suspect) difteri. Sekarang SK Walikota sudah ada, kita KLB," ujarnya.

Sebagai syarat pengajuan KLB, metode pemeriksaan yang dilakukan RSUD AW Syahranie menjadi aturan dari Kementerian Kesehatan. RSUD menggunakan metode mikroskopis dan syarat KBL menggunakan uji kultur. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0