15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

DPRD Kaltim Kawal Pembangunan Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Masyarakat Harus Nikmati


DPRD Kaltim Kawal Pembangunan Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Masyarakat Harus Nikmati
Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun

KLIKSAMARINDA.COM - Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) terus menunjukkan progres yang siginifikan. Infrastruktur penunjang transportasi masyarakat ini, menurut Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Awang Faroek Ishak, telah mencapai 72 persen.

Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan Samarinda ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari DPRD Kaltim. Parlemen Karang Paci ini bahkan menyetujui adanya penambahan anggaran untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini.

Ketua DPRD Kaltim, H Syahrun menyatakan, pada alokasi APBD Perubahan 2017 sebesar Rp450 miliar. Sementara pada APBD Kaltim 2018, penambahan anggaran untuk penuntasan jalur tol Seksi 1 yang menjadi beban Pemprov Kaltim sejak awal sebesar Rp1,1 triliun.

Penambahan anggaran ini, menurut Syahrun, merupakan bentuk komitmen DPRD Kaltim dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang menunjang aktivitas masyarakat.

"Penuntasan jalan tol ini sudah menjadi komitmen kita bersama. Tahun depan sudah kita siapkan Rp1,1 triliun dan akan ditambahkan pada APBD Perubahan sebesar Rp450 miliar," kata Haji Alung, sapaan akrabnya.

Penambahan anggaran untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang cukup signifikan pada 2018 ini tak lepas dari kepentingan masyarakat banyak. Haji Alung, sapaan akrab HM Syahrun menegaskan, setelah adanya penambahan anggaran, giliran masyarakat nanti yang segera menikmati manfaatnya.

Haji Alung berharap, pada Januari 2019 mendatang, masyarakat telah dapat menggunakan jalan tol ini sesuai kebutuhan.

"Uang sudah kita kucurkan, selanjutnya giliran rakyat menikmati. Mudah-mudahan semua berjalan lancar, sehingga pada Januari 2019 lintasan jalan tol Balikpapan-Samarinda benar-benar sudah bisa dinikmati masyarakat," tegas Alung.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak melakukan peninjauan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda pada Segmen IV di wilayah Palaran, Samarinda. Dalam kunjungan kerja tersebut, Gubernur memastikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda telah mencapai progres pembangunan 72 persen.

Seksi 4 (Palaran-Mahkota II) sepanjang 16,45 km. Di seksi ini masih terdapat 111 bidang yang lahannya belum bebas dan masih dalam proses musyarawah dengan masyarakat. Terdapat 17 bidang yang masuk dalam proses konsinyasi di Pengadilan Negeri. Ditargetkan pembebasan lahan akan klir akhir Desember tahun ini.

Lintasan di jalur Seksi 2 dan 3 tampak terlihat mulus. Rencananya, Pemprov Kaltim menargetkan penyelesaian pembangunan proyek jalan tol ini pada akhir 2018. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0