17 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Lebih Terasa, Festival Mahakam 2017 Berlangsung Meriah


Lebih Terasa, Festival Mahakam 2017 Berlangsung Meriah
Parade drumband di Taman Samarendah dalam gelaran Festival Mahakam 2017 (Foto: KLIKSAMARINDA)

KLIKSAMARINDA.COM - Tumpah ruah antusias warga menyaksikan hari terakhir gelaran Festival Mahakam 2017, Minggu, 5 November 2017. Acara yang digelar mulai 3 November 2017 menghadirkan berbagai kegiatan.

"Perasaan saya, festival tahun ini lebih terasa dari tahun sebelumnya," ungkap Rini, warga Kutai Kartanegara (Kukar) yang datang ke Kota Tepian hanya untuk menyaksikan gelaran acara.

Agenda tahunan Festival Mahakam 2017 menampilkan berbagai acara dan juga perlombaan. yang sebagian besar dipusatkan di kawasan taman tepian Sungai Mahakam Kota Samarinda.

Selain itu, tahun ini festival tersebar di 8 titik panggung. Di sepanjang tepian ada 6 panggung, yakni Panggung Budaya di halaman Kantor Gubernur, panggung Tepian I di dermaga kantor gubernur, panggung kehormatan depan dermaga kantor gubernur, panggung Tepian II di tepian Mahakam depan PLN, panggung Tepian III depan Islamic Centre, dan panggung kreatif di Atrium Bigmall.

/images/img_galeri/721 Festival Mahakam 2017 Rekor Muri Topping.jpg

Dua lagi di GOR Segiri, panggung Mahakam UKM Expo dan Panggung Mahakam Expo.

Sabtu malam, di panggung terbuka tepian Sungai Mahakam digelar Parade 100 Band Indie dan di halaman Kantor Gubernur Kaltim. Pun, tidak jauh dari lokasi panggung tepian digelar lomba tari kreasi pedalaman.

Puncak acara Festival Mahakam 2017, Minggu, 5 November 2017, diisi berbagai kegiatan dan lomba yang dimulai sejak pagi hingga malam hari. Di antaranya, lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam, lomba perahu tambangan dan jetski, parade 1.000 hudoq dan upacara adat Hudoq Kawit, parade ragam pencak silat, kirab drum band, pameran kerajinan dan kuliner khas Dayak, dan Festival Musik Sampe (khas Dayak) pada malam harinya.

Untuk parade Hudoq, Pencak Silat dan Kirab Drum Band start di Taman Samarendah pukul 07.30 berjalan ke arah Awang Long hingga Panggung Kehormatan Jalan Gajah Mada depan Kantor Gubernur.

Semua agenda acara penutupan tersebut menyita perhatian ribuan warga Samarinda dan pendatang dari daerah sekitarnya. Tak terelakkan, arus lalu lintas dua arah mulai Taman Samarendah, Jalan Gajah Mada sekitar depan Kantor Gubernur Kaltim dan Bank Indonesia padat akibat penutupan jalan.

Pun, karena ruas pinggir jalan digunakan parkir kendaraan roda dua dan empat. (Adv)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0