21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Umat Budha Samarinda Kecam Tindakan Represif Terhadap Muslim Rohingnya


Umat Budha Samarinda Kecam Tindakan Represif  Terhadap Muslim Rohingnya
Pertemuan lintas agama di Budhis Center Samarinda, Selasa 5 September 2017 (Foto: Dokumentasi)

KLIKSAMARINDA.COM - Warga umat Budha Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) turut mengecam tindakan represif yang terjadi kepada umat muslim Rohingya, Myanmar. Bahkan, mereka menggelar dialog lintas agama yang berlangsung Selasa, 5 September 2017, di Budhis Center Samarinda, Jalan DI Pandjaitan.

Dalam dialog tersebut, umat Budha Samarinda menyatakan sikap mengutuk aksi kekerasan kemanusiaan yang dilakukan oknum biksu di Myanmar.

Mereka juga menyatakan sikap dan meminta kepada pemerintah RI bereaksi terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

Pada pertemuan yang dihadiri sejumlah tokoh lintas agama di Kota Samarinda, Ketua Majelis Pandita Budha Maitreya Indonesia Provinsi Kaltim, Hendri Suwito, umat Budha Kaltim mengutuk keras tindakan biadab yang dilakukan militer Myanmar serta oknum biksu di Myanmar.

Menurut Ketua Majelis Rohani, sikap kekerasan tersebut tidak sesuai dengan ajaran Sang Budha. Umat Budha Kaltim juga meminta agar Pemerintah RI membantu umat muslim di Rohingya, baik yang berada di Myanmar maupun di pengungsian.

"Dalam pandangan masyarakat dunia yang lebih luas terhadap Indonesia yang luar biasa dan berupaya mencari jalan untuk agar saudara kita bisa mendapatkan perhatian kehidupan yang layak. Kehidupan mereka agar jangan sampai mereka mengalami penganiayaan yang sangat menyedihkan," ujar Maslan.

Dalam kesempatan tersebut, berlangsung pembacaan pernyataan sikap oleh puluhan orang yang berasal dari sekitar 30 organisasi mahasiswa dan masyarakat. (*)

Reporter : M4N    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0