20 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Aksi Solidaritas Muslim Rohingya di Samarinda, FPI Buka Pendaftaran Relawan


Aksi Solidaritas Muslim Rohingya di Samarinda, FPI Buka Pendaftaran Relawan
Aksi Solidaritas untuk Muslim Rohingya di Samarinda, Selasa 5 September 2017 (Foto: KLIKSAMARINDA)

KLIKSAMARINDA.COM - Warga yang berasal dari 40 elemen masyarakat gabungan di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar aksi kecaman terhadap kekerasan yang terjadi kepada etnis muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Aksi yang berlangsung Selasa pagi, 5 September 2017 di depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Jalan Gajah Mada, Samarinda ini merupakan aksi gabungan Masyarakat Peduli Umat Islam di Rohingya.

Gabungan elemen masyarakat ini melakukan orasi serta memasang sejumlah spanduk yang memperlihatkan kekejaman militer Myanmar yang melakukan penganiayaan terhadap warga muslim Rhingya. Para pendemo mengajak seluruh kepala negara dan pemimpin negara di dunia untuk pro-aktif melawan segala bentuk kekerasan.

Para pendemo juga menegaskan jika tindakan represi adalah musuh bersama dan harus dilawan sekuat tenaga guna menciptakan upaya perdamaian dan harmoni.

Sejumlah organisasi kepemudaan juga mendesak kepada pemerintah untuk melakukan langkah-langkah diplomatik menekan myanmar untuk menghentikan dan melindungi muslim Rohingya serta membawa masalah ini dalam pertemuan negara-negara ASEAN, dan menpersiapkan sanksi-sanksi dan langkah-langkah kemanusiaan yang dianggap perlu untuk melindungi saudara-saudara muslim.

Mereka juga mendesak ASEANuntuk mengambil sikap dan langkah konkret, khususnya pada pemerintah Myanmar agar segera mengakui status kwarganegaraan muslim Rohingnya.

Pun, para pendemo ini mendesak Komite Penghargaan Nobel untuk mencabut penghargaan Nobel Perdamaian kepada Aung San Suu Kyi karena tidak memiliki kesungguhan untuk menghentikan konflik di Rohingya.

Langkah konkret lainnya muncul dari Front Pembela Islam Kaltim menyikapi minimnya keseriusan dari pemerintah untuk membantu warga muslim Rohingya. Koordinator FPI Kaltim, Habib Didik menyatakan pihaknya membuka pendaftaran bagi relawan yang siap dikirim ke Myanmar untuk membantu masyarakat muslim di sana.

Selain itu, mereka pun mengajak seluruh individu sedunia untuk terus menggalang solidaritas kemanusiaan untuk menciptakan perdamaian bagi segala bangsa.

"Kita sudah mendaftar anggota-anggota kita ataupun bukan anggota kita yang mereka siap berangkat ke Myanmar. Kita menunggu perintah dari pusat jika pusat menyuruh kirim, kita akan kirim. Alhamdulillah, selama ini mereka siap jadi tinggal siap tempur saja kalau memang pusat sudah siap kita akan segera kirim," ujar Habib Didik. (*)

Reporter : M4N    Editor : Dwi Hendro B



Comments

comments


Komentar: 0