27 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pemkot Samarinda Berikan Kompensasi, Warga Selili Diharap Kosongkan Rumah


Pemkot Samarinda Berikan Kompensasi, Warga Selili Diharap Kosongkan Rumah
Penyerahan bantuan secara simbolis, Selasa 31 Januari 2017 bagi korban longsor di Selili Samarinda (Foto: KLIKSAMARINDA.COM)

KLIKSAMARINDA.COM - Kabar baik datang bagi warga yang tinggal di RT 15, RT 16 dan RT 17 Jalan Lumba-lumba, Selili, Samarinda Ilir, yang terdampak bencana longsor. Sebanyak 55 KK dari 42 rumah yang terpapar longsor.

Wakil Walikota (Wawali) Samarinda, Nusyirwan Ismail menuturkan 6 rumah warga yang terkena dampak terparah diharapkan pindah ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dengan mendapat bantuan berupa dana kompensasi sebesar Rp3,5 juta.

Selain itu, beberapa rumah di sekitarnya juga dihimbau untuk segera pindah. Pasalnya, kemungkinan terjadinya longsor susulan sangat besar.

"Rumah warga yang terkena longsor atau sudah tidak layak huni, wajib dikosongkan untuk menghindari korban jiwa," ungkap Nusyirwan, pada awak media saat penyerahan bantuan di lokasi kejadian, Selasa, 31 Januari 2017.

Nusyirwan juga menuturkan, potensi longsor akibat tanah yang bergeser karena ditumbuhi banyak pemukiman masih bisa terjadi. Selain itu, kejadian ini tidak ada kaitannya dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Selili milik PDAM Tirta Kencana.

"Kejadian bencana ini tidak ada sangkut pautnya dengan pengerjaan proyek IPA PDAM. Tidak ada yang bisa melawan kehendak alam," tegasnya.

Dalam hal ini, Pemkot Samarinda berkomitmen untuk mendukung warga untuk tinggal di tempat yang layak. Harapannya, bencana yang terjadi jangan sampai memakan korban jiwa di kemudian hari.

Dana kompensasi tersebut merupakan bantuan penyewaan rusunawa selama 3 bulan ditambah dengan bantuan pembongkaran rumah dan pengangkutan. (*)

Reporter : NR Syaian    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0