20 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Wow, Kebutuhan Elpiji di Samarinda Capai 7.472.674 Tabung!


Wow, Kebutuhan Elpiji di Samarinda Capai 7.472.674 Tabung!
(Foto: Ilustrasi)

KLIKSAMARINDA - Berapa kebutuhan gas elpiji di Samarinda tahun ini? Jumlahnya ternyata cukup fantastis; 7.472.674 tabung! Jawaban itu diungkapkan Wakil Walikota Samarinda, Nusyirwan Ismail atas pelbagai pertimbangan.

Misalnya, kesesuaian data terkini pertumbuhan penduduk Kota Tepian, ditambah dengan migrasi konsumsi elpiji 12 kilogram ke 3 kg. Hitung-hitungan itu diasumsikan dipakai oleh rumah tangga dan usaha mikro. "Presentasinya naik 10 persen per tahun," sebut Nusyirwan.

Untuk mengatasi kelangkaan, Nusyirwan menegaskan, Pemkot Samarinda telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Termasuk kepada PT Pertamina (Persero). Dalam pertemuan yang berlangsung beberapa waktu lalu, Pertamina berjanji akan menambah kuota elpiji 3 kg sebesar 11 persen khusus untuk Samarinda.

"Selain Pertamina, pemkot juga sudah mengirimkan surat ke Menteri ESDM (Enerdi Sumber Daya dan Mineral, Red.) agar kuota itu bisa berjalan seterusnya," jelas Nusyirwan.

Pemkot, ulas Nusyirwan, sempat menunda usulan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kg dari Rp 15 ribu menjadi Rp 17.500. Bagi Nusyirwan, ini untuk menghindari agar tidak terjebak situasi yang menyulitkan jika terjadi fluktuasi harga bahan bakar minyak atau BBM kembali.

Namun, kenaikan harga elpiji 3 kg di tingkat pengecer diakui tidak bisa dihindari "Kami mengimbau masyarakat agar membeli elpiji 3 KG itu di pangkalan di beberapa titik di kelurahan," tukas Nusyirwan. (*)

 

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0