26 April 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Lima Ancaman Bagi Kelestarian Penyu di Indonesia


Ini Lima Ancaman Bagi Kelestarian Penyu di Indonesia
Penyu (Foto: Istimewa)

KLIKSAMARINDA.COM - Dunia memiliki tujuh spesies penyu dan Indonesia adalah rumah bagi enam di antaranya. Keberadaan penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, penyu tempayan, penyu belimbing, dan penyu pipih sejak lampau telah menjadi bagian dari keragaman fauna nusantara. Karenanya, penyu sangat penting bagi keseimbangan ekosistem laut Indonesia.

“Penyu memiliki banyak manfaat bagi ekosistem laut. Selain menjadi predator puncak untuk beberapa jenis biota laut seperti kerang-kerangan dan invertebrata, jenis-jenis penyu tertentu juga mengontrol populasi ubur-ubur yang menjadi musuh larva ikan dan ikan-ikan kecil,” ungkap Imran Amin, Deputy Director Program Pesisir dan Laut The Nature Conservancy (TNC) Indonesia melalui rilis yang diterima KlikSamarinda, Kamis 12 Januari 2017.

Imran menambahkan bahwa penyu juga menjaga kesehatan ekosistem padang lamun dan terumbu karang. Namun di Indonesia penyu saat ini menghadapi banyak ancaman untuk kelestariannya.

TNC Indonesia, yang saat ini tengah mengembangkan program konservasi penyu di Laut Sawu, menemukan sedikitnya lima ancaman utama terhadap penyu. Ancaman pertama adalah predasi.

“Dari beberapa survey di Rote dan Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, kami melihat binatang ternak seperti babi, peliharaan seperti anjing, dan liar seperti monyet merupakan ancaman bagi telur penyu. Begitu juga predasi oleh manusia,” ucap Imran lagi.



Reporter : Maggie Aksan    Editor : Dwi Hendro B



Comments

comments


Komentar: 0