20 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Menhub Bilang, Rel Kereta Api Kalimantan Dibangun 2017


Menhub Bilang, Rel Kereta Api Kalimantan Dibangun 2017
(Foto: Ilustrasi)

KLIKSAMARINDA - Mimpi besar pemerintah pusat membangun infrastruktur transportasi trans Kalimantan via kereta api telah ditarget. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyatakan, proyek itu bisa direalisasikan pada 2017 mendatang.

Jonan mengatakan, kajian terhadap syarat pembangunan kereta api harus cepat dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Apalagi, Jonan menjamin, proyek ini akan dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan sokongan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembebasan lahan.

"Itu disetujui pak Presiden (Joko Widodo/Jokowi, Red.) sehingga tidak memberatkan pemprov. Pemerintah daerah nanti diminta membantu bagaimana kelancaran pembebasan lahannya," ujarnya.

Kendati begitu, Jonan mengaku belum bisa membeber dari provinsi/kota mana nanti akan dimulai pembangunan rel kereta api itu.

Jonan khawatir, bila lokasi proyek tersiar ke publik, maka upaya pembebasan lahan akan sukar dilakukan. Musababnya, masyarakat tentu akan berlomba-lomba menaikan harga tanah yang ingin dibeli pemerintah pusat.

Di Kalimantan, terang Jonan, ada 5 provinsi yang menjadi target proyek ini. Diantaranya Kalimantan Selatan (Kalsel) di ibukota Banjarmasin, Kalimantan Tengah (Kalteng) di ibukota Palangkaraya, Kaltim di ibukota Samarinda, Kalimantan Barat (Kalbar) di ibukota Pontianak, serta Kalimantan Utara di ibukota Tarakan.

Bagi Jonan, 5 provinsi itu sudah selaiknya memiliki moda transportasi massal seperti kereta api seperti di Pulau Jawa. "Transportasi antarprovinsi di sini (Kalimantan, Red.) terlalu jauh. Makanya perlu transportasi yang cepat untuk pelayanan masyarakat," lugasnya.

Jonan meminta, proyek ini tak sekadar menjadi wacana di media massa. "Arahnya harus kepada realisasi di lapangan dan komitmen semua pihak untuk mendukung terwujudnya proyek ini," tukasnya.

Dari pelbagai informasi yang dihimpun kliksamarinda, pemerintah pusat mengalokasikan dana sekira Rp 234 triliun untuk pembangunan sarana dan prasarana transportasi kereta api di luar Pulau Jawa ini. Planning-nya, jaringan kereta api di Kalimantan akan membentang sepanjang 3.258 kilometer dengan proses pembangunan hingga 2019. (*)

 

Koridor Pulau Kalimantan

Pembangunan KA Khusus/Batubara/Akses Pelabuhan (Skema KPS):
- Muara Wahau-Muara Bengalon
- Murung raya-Kutai Barat-Paser-Panajam Paser Utara-
Balikpapan
- Puruk Cahu-Mangkatib

Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan:
- Jalur KA baru Tanjung-Paringin-Barabai-Rantau-
Martapura-Banjarmasin
- Jalur KA baru Balikpapan-Samarinda
- Jalur KA baru Tanjung-Balikpapan
- Jalur KA baru Banjarmasin-Palangkaraya
- Jalur KA baru Palangkaraya -Sangau-Pontianak-Batas Negara
- Jalur KA baru Samarinda-Sangata-Tanjung Redep-Batas Negara

Sumber: Kemenhub

 

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0