15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Menteri Yasonna Mengaku Senang Atas Kemenangan Indonesia di Mahkamah Internasional


Menteri Yasonna Mengaku Senang Atas Kemenangan Indonesia di Mahkamah Internasional
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (Foto: Istimewa)

KLIKSAMARINDA.COM - Kemenangan Indonesia di kancah Mahkamah Interasional atas gugatan perusahaan tambang batubara dari Inggris, Churchill Mining, memberikan nafas segar bagi investasi. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly bahkan mengaku senang dengan adanya putusan Majelis Tribunal ICSID.

Yasonna mengatakan, ini merupakan kemenangan pertama Indonesia dalam gugatan arbitrase internasional. Berkat sidang itu, Indonesia juga mendapatkan dana kompensasi.

"Atas kerja keras, 6 Desember kita memenangkan gugatan ini. Ini pertama kalinya kita memenangkan sidang arbitrase dan mendapat dana kompensasi," ujar Yasonna di Kantor Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis.

Yasonna menuturkan, Indonesia menerima dana kompensasi sebesar 8,6 juta Dollar AS atau sebesar 75 persen dari total keseluruhan biaya yang telah dikeluarkan pemerintah.

Di samping itu, para penggugat juga dibebankan mengganti sejumlah biaya yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia untuk biaya administrasi sebesar 800.000 Dollar AS.

"Ini barangkali satu prestasi. Ini kita memenangkan dan kita dapat kompensasi dari penggugat," tutur Yasonna.

Menurut Yasonna, putusan ini akan menjadi sinyal kuat bagi para investor agar beritikad baik dalam menanamkan sahamnya di Indonesia.

Perusahaan asing tak bisa lagi memanfaatkan kelemahan hukum yang ada di Indonesia untuk mencari keuntungan.

Sebab, pemerintah saat ini serius menjaga iklim investasi yang sehat di Indonesia.

"Ini barangkali akan membuat satu sinyal kepada dunia internasional, investor asing supaya masuk ke indonesia dengan itikad baik. Menghargai investasi di Indonesia," ujar Yasonna seperti dilansir Kompas. (*)




Comments

comments


Komentar: 0