16 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Survive, Pengusaha Muda Samarinda Coba Rambah Bisnis Kuliner


Survive, Pengusaha Muda Samarinda Coba Rambah Bisnis Kuliner
Pengusaha muda asal Samarinda, Kalimantan Timur. Awang Mohamad Renaldy Rafioel (kanan) dan Mega Salim)

KLIKSAMARINDA.COM - Lesunya perekonomian saat ini membuat sebagian pengusaha mulai melirik potensi bisnis alternatif. Misal, pria kelahiran Samarinda bernama Awang Mohamad Renaldy Rafioel. Renal yang awalnya bergerak di bidang konstruksi memilih menjadi pengusaha kuliner di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dijumpai KlikSamarinda beberapa waktu lalu, Renal menuturkan, ia memilih alternatif sebagai pengusaha kuliner di tengah macetnya anggaran pemerintah untuk melunasi utang kepada pihak ketiga.

Kemacetan itu, terang Renal, turut berdampak terhadap bisnis yang sudah lama ia tekuni. Wajar saja, hal itu karena 90 kontrak kerja sama perusahaannya yang berkantor di bilangan Jalan Bhayangkara itu seluruhnya dari instansi pemerintahan.

"Situasinya memang sangat sulit. Tapi sebagai pelaku usaha saya juga mesti melihat peluang bisnis lainnya. Bisa jadi saya punya hoki di situ (Kuliner-Red)," ujar dia.

Sedikit pengalaman dalam memimpin beberapa cafe dan restoran di Kota Tepian, dirinya yakin, pengalamannya bisa menjadi modal utama dalam merintis kembali usaha kuliner yang sudah lama tidak lagi ditekuninya.

"Untuk usaha kontruksi tetap, karena hal itu sudah sejak lama dijalankan keluarga saya. Kalau kuliner kan kebutuhan pokok, jadi pasti pelanggannya ada, apalagi saya juga hobi makan," seloroh Renal sapaannya.

Terpisah, Mega Salim, pemilik House of Chicken Samarinda melihat pangsa pasar untuk kuliner cukup menjanjikan. Hal terpenting menurut dia, bagaimana pelaku usaha yang menjalankan bisnis ini tetap konsisten dalam hal kualitas.
Tak lupa lanjut dia, pemerintah daerah pun turut mendukung usaha UMKM lokal.

"Pintar melihat peluang saja. Teknologi sudah semakin canggih wajib kita gunakan semaksimal mungkin. Sembari menjemput pelanggan di mana pun mereka terkonsentrasi. Sudah pasti produk kita dikenal masyarakat," jelas perempuan muda yang belum lama ini berbisnis ayam goreng, resep keluarganya itu. (*)

Reporter : Yoyok Sudarmanto    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0