16 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

E-Commerce Akan Diluncurkan Pemerintah Akhir Januari


E-Commerce Akan Diluncurkan Pemerintah Akhir Januari
Ilustrasi

KLIKSAMARINDA - Pemerintah menetapkannya e-commerce (perdagangan elektronik/bisnis online) dan sebagai program nasional. Program ini akan diluncurkan pada akhir Januari 2016.

Penetapan tersebut berdasarkan rapat koordinasi antara Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Menkominfo Rudiantara, PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas.

Menurut wikipedia, perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Di Indonesia, formalisasi e-commerce merupakan proses panjang yang telah dimulai sejak diinisiasi pada Desember 2014. Roadmap e-commerce merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar industri e-commerce di Indonesia dapat tumbuh dengan manfaat tetap di Indonesia.

Dalam rapat itu juga diputuskan penunjukan Program Management Unit (PMU) yang akan mengkoordinasikan kementerian atau lembaga dalam implementasi roadmap dan memantau perkembangan dari masing-masing inisiatif di Kementerian atau Lembaga terkait.

“Rencana peluncuran resmi peta jalan e-commerce Indonesia sebagai program National di akhir bulan Januari 2016,” tulis risalah rapat yang dilansir Kementerian Kominfo pada Jumat 15 Januari 2016 seperti dikutip KlikSamarinda dari laman nasional.

Inisiatif pembuatan peta jalan ini merupakan arahan hasil Rapat Koordinasi Pertama tanggal 6 Maret 2015 yang dipimpin oleh Sofyan Djalil saat masih menjabat Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian.

Roadmap tersebut berbasis pemikiran e-commerce nasional akan maju apabila dilakukan inisiatif-inisiatif sebagaimana yang dilakukan oleh negara lain yang telah maju industri e-commerce-nya seperti Tiongkok dan Amerika Serikat. (*)

Reporter : jib/sp    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0