21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Asyik Makan Pisang, Orangutan Ini Ditemukan Penduduk Muara Kaman


Asyik Makan Pisang, Orangutan Ini Ditemukan Penduduk Muara Kaman
Orangutan yang ditemukan penduduk Muara Kaman Kutai Kartanegara di kebun milik masyarakat pada 10 Desember 2015 (Foto: Facebook)

KLIKSAMARINDA - Masyarakat Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) mendadak berkerumun di sebuah kebun singkong pada Kamis 10 Desember 2015.

Pasalnya, mereka melihat seekor orangutan tengah asyik memamah buah pisang. Sejumlah penduduk berdiri di belakang orangutan tersebut.

Berdasarkan postingan dari akun Facebook L-vhyn Novan Ananda, orangutan ini tampak duduk sambil memilah setandan buah pisang.

Satwa langka ini memiliki rambut panjang dan kusut berwarna merah gelap kecoklatan dengan warna pada bagian muka agak hitam.

Sejumlah komentar bermunculan sesaat setelah foto tersebut diunggah. Misal, akun Syafii Elmo Muh yang menyatakan "mudah2an ada yg dari pemerhati lingkungan."

Komentar juga datang dari Gustin Syahid. Menurut Syahid, "ini salah satu maskot kalimantan yg harus kita lindungi. jangan disakiti ya..."

Komentar lainnya datang dari akun Lisna Azkari M Alkadrie:

"Jangan salahkan orang utannya.. Salahkan lah yg membabat hutan karena habitat orang utan sekarang sudah berkurang,"

Berdasarkan studi genetika WWW Indonesia, orangutan Borneo, terdapat tiga sub-spesies orangutan yang telah diidentifikasi. Antara lain, Pongo pygmaeus pygmaeus yang ditemukan di barat laut Borneo, Pongo pygmaeus wurmbii di Borneo bagian tengah, dan Pongo pygmaeus morio di timur laut Borneo. (*)

Reporter : Inu    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0