21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Wujud Gedung di Samarinda yang Tahan Sampai 200 Tahun


Ini Wujud Gedung di Samarinda yang Tahan Sampai 200 Tahun
Covention Hall Samarinda ini berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Di Kota Tepian, ada banyak gedung berdiri. Namun, hanya Covention Hall Samarinda di Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, yang diprediksi bakal bertahan hingga 200 tahun.

Pernyataan ini diungkapkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pasca diresmikan Rabu (1/4/2015) lalu. "Saya tidak bangun gedung yang sementara, tetapi harus bersifat monumental dan berdiri kokoh sampai 200 tahun kedepan," katanya.

Faroek merincikan, gedung bertaraf internasional ini memiliki big capacity. Untuk plenary hall saja bisa memuat 3.000 kursi. Lain lagi exhibition hall yang mampu menampung 4.000 kursi. Bahkan di gedung ini 6.000 orang bisa hadir bersamaan tanpa kursi.

Kata Faroek, Covention Hall Samarinda dibangun sebagai arena pertunjukan maupun eksibisi tingkat nasional dan internasional. "Convention hall ini penting untuk melengkapi infrastruktur yang sudah ada di Samarinda," ujarnya.

Dalam pelbagai kesempatan, Faroek menyebut area konvensi merupakan kebutuhan Kaltim --khususnya Samarinda-- saat ini. "Jujur saja, kita ini malu tidak punya convention hall. Saya saja mau bikin acara harus di gedung olahraga, itupun bisa antre sampai sebulan. Makanya ini kebutuhan," jelasnya.

Lantas, darimana ide Covention Hall Samarinda bermula? Kisahnya ternyata terjadi pada Senin (23/3/2015) lalu sekira punul 02.20 dinihari.

Ketika itu, Faroek tiba-tiba sempat terjaga dari lelap. Sekelebat kemudian, Faroek mengirimkan pesan singkat kepada Meliana, Asisten IV Setprov Kaltim, untuk menjadwalkan rapat sore hari.

Pesan singkat itu ternyata diteruskan ke seluruh pejabat teras Pemprov Kaltim. Hasilnya, seluruh kepala dinas hadir dalam rapat yang membahas persiapan soft opening Convention Hall Samarinda.

“Saya terbangun dan langsung berpikir Kaltim tidak punya gedung yang bisa menampung 1.000 orang lebih. Kenapa tidak digunakan saja Convention Hall yang fisiknya sudah selesai,” ulasnya. (*)

Reporter : Bunga Aviria    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0